Persiapan
awal
Sebelum
anda memasukkan data kedalam program MYOB, ada beberapa
persiapan
yang harus kamu lakukan diantaranya :
1.
Tetapan priode awal buku
2.
Siapkan daftar rekening , beserta saldo awal neraca
3.
Siapkan data customer,vendor,inventory beserta saldo awal
4.
Buat rekening, linked account, tarip pajak penjualan
5.
Buat transaksi yang sering terjadi berulang kali pada menu Save
Recurring
(kalau ada)
6.
Jika memungkinkan buat backup data (ke disket atau flash)
7. Setelah itu anda masukkan data
(jurnal)
Chart of Account (Daftar rekening)
Sesuai dengan systen akuntansi ada 8
kelompok rekening beserta nomornya
disediakan
pada program MYOB yaitu :
1.
Assest, 2 Liability, 3 Equity, 4 Income, 5 Cost of Sales, 6 Expense,
7
Other income, 8 Other Expense
daftar rekening |
Tingkatan
rekening dalam MYOB dibagi menjadi 4 tingkatan, dan jenis rekening dibagi
menjadi 3 bagian yaitu :
rekening dalam MYOB |
rekening
yang masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa sub rekening, dimana rekening ini
menampung saldo dari subrekening, rekening ini tidak dapat menampung jurnal
(transaksi)
2.
Detail account yaitu
rekening
yang dapat menampung ransaksi(postable) dan tidak apat dibagi lagi menjadi
subrekening, saldo rekening ini akan masuk ke rekening header pada level
diatasnya
4. Detail credit crad yaitu rekening
yang
fungsinya sama dengan detail cheque account terdapat pada kelompok liability
Linked
account
Fungsi ini digunakan untuk menghubungkan
antara beberapa rekening agar dapat berkordinasi untuk membuat jurnal secara
otomatis, dan dalam penyusunan laporan keuangan, Sebagai contoh perusahaan
menetapkan bank sebagai cheque customer receipts( rekening penerima pembayaran
piutang dagang), maka saat melakukan penjualan tunai uang hasil penjualan akan masuk ke rekening bank.
MYOB membuat linked account menjadi
4(empat) kelompok sesuai dengan fungsinya masingmasing. Anda dapat mengeditnya
dari menu Setup, klik linked account
1. Account
and banking account yaitu
a.
Equity account for historical balancing : diisi sesuai dengan nomor rekening
penyeimbang berada di kelompok equity
b. Cheque
account for electronic payments : diisi sesuai dengan nomor rekening
account cheque dibayar dimuka berada di
kelompok assets( jika ada)
c. Cheque
account for undeposited funds : diisi sesuai dengan nomor rekening
account cheque dana tidak disimpan berada dikelompok assets (jika ada)
2.
Sales account yaitu :
a. Assets
account for tracking receivables : diisi sesuai dengan nomor rekening
piutang dagang (kelompok assets)
b. Cheque
account for customer receipts : diisi sesuai dengan rekening bank penerima
uang/cek dari pelanggan (harus bertype detail cheque account)
c. I
charge freight on sales : diisi untuk rekening pendapatan angkut barang
(kelompok income) , jika tidak ada kosongkan cek mark
d. I
track deposits collected from customers : diisi untuk rekening penerimaan
uang muka dari pelanggan (kelompok liability)
e. I give discount for early payment :
diisi dengan nomor rekening potongan penjualan
f. I
assess charge for late payment : diisi dengan nomor rekening pendapatan
denda ( kelompok income)
3.
Purchases accounts yaitu
a. Liability
account for tracking payables : diisi sesuai dengan nomor rekening
hutang dagang (kelompok liability)
b. Cheque
account for paying bills : diisi sesuai dengan nomor rekening bank
pembayar hutang/cek dari pemasok (harus bertype detail cheque account)
c. I pay
freight on purchases : diisi sesuai dengan rekening biaya angkut pembelian
(kelompok expense)
d. I
take discount for early payment : diisi dengan nomor rekening potongan pembelian
e. I pay
charge for late payment : diisi dengan rekening biaya denda terlambat
bayar utang(kelompok expense)
4. Payroll
account yaitu
a.
Payroll cheque account : diisi sesuai dengan nomor rekening account cheque
dibayar dimuka berada di kelompok assets( jika ada)
b. Default
employer expense account : diisi sesuai dengan nomor rekening gaji
pimpinan yang tidak termasuk didalam pembayar cek kepada pegawai(kelompok expense)
c. Default wages expense account :
diisi sesuai dengan nomor rekening gaji dan upah (kelompok expense)
d. Default tax/deduction payable account :
diisi sesuai dengan nomor rekening pengurangan utang gaji(kelompok liability)
Pajak
pertambahan nilai (PPN)
Saat melakukan pembelian/penjualan akan
dikenakan PPN, secara otomatis dihitung, maka harus melakukan setup PPn serta
tarif pajaknya dan memilih linked account untuk pajak keluaran dan pajak
masukan, dilakukan dari menu List, tax codes, dan edit yang perlu serta jangan
lupa dibuat linked
a.
Linked
account for tax collected diisi dengan pajak keluaran (kelompok liability)
b.
Linked
account for tax paid di isi dengan pajak masukan (kelompok assets)
Setup
Preference
Menu ini digunakan untuk fasilitas pilihan
dan preferensi, pengaturan, bentuk laporan baik penjualan, pembelian,
pemasangan password, auto saving dan beberapa pengaturn lainnya, terdiri dari 7
menu yang dapat digunakan fasilitas setiap menu.
0 komentar:
Posting Komentar
Tinggalkan Komentar Anda pada baca di atas