SELAMAT DATANG DIWEBBLOG RESMI SMK BUMI SEJAHTERA JADIKAN WEBBLOG INI MENJADI MEDIA INFORMASI ONLINE

Senin, 14 Maret 2011

Myob 13


Persiapan awal
Sebelum anda memasukkan data kedalam program MYOB, ada beberapa
persiapan yang harus kamu lakukan diantaranya :
1. Tetapan priode awal buku
2. Siapkan daftar rekening , beserta saldo awal neraca
3. Siapkan data customer,vendor,inventory beserta saldo awal
4. Buat rekening, linked account, tarip pajak penjualan
5. Buat transaksi yang sering terjadi berulang kali pada menu Save
Recurring (kalau ada)
6. Jika memungkinkan buat backup data (ke disket atau flash)
7. Setelah itu anda masukkan data (jurnal)

Chart of Account (Daftar rekening)
Sesuai dengan systen akuntansi ada 8 kelompok rekening beserta nomornya
disediakan pada program MYOB yaitu :

1. Assest, 2 Liability, 3 Equity, 4 Income, 5 Cost of Sales, 6 Expense,
7 Other income, 8 Other Expense
daftar rekening
 
Tingkatan rekening dalam MYOB dibagi menjadi 4 tingkatan, dan jenis rekening dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
rekening dalam MYOB



1. Header account yaitu 
   rekening yang masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa sub rekening, dimana rekening ini menampung saldo dari subrekening, rekening ini tidak dapat menampung jurnal (transaksi)

 2. Detail account yaitu 
rekening yang dapat menampung ransaksi(postable) dan tidak apat dibagi lagi menjadi subrekening, saldo rekening ini akan masuk ke rekening header pada level diatasnya 

3. Detail cheque account yaitu  
  rekening khusus untuk Bank, apat membuat transaksi perbankan seperti pembayaran utang,  enerimaan piutang dan dapat dilakukan rekonsiliasi bulanan, rekening ini juga digunakan untuk menghubungkan(link) ke rekening yang lain

 
4. Detail credit crad yaitu rekening 
yang fungsinya sama dengan detail cheque account terdapat pada kelompok liability



Linked account
Fungsi ini digunakan untuk menghubungkan antara beberapa rekening agar dapat berkordinasi untuk membuat jurnal secara otomatis, dan dalam penyusunan laporan keuangan, Sebagai contoh perusahaan menetapkan bank sebagai cheque customer receipts( rekening penerima pembayaran piutang dagang), maka saat melakukan penjualan tunai uang hasil penjualan akan masuk ke rekening bank.
MYOB membuat linked account menjadi 4(empat) kelompok sesuai dengan fungsinya masingmasing. Anda dapat mengeditnya dari menu Setup, klik linked account


1. Account and banking account yaitu
a. Equity account for historical balancing : diisi sesuai dengan nomor rekening penyeimbang berada di kelompok equity
b. Cheque account for electronic payments : diisi sesuai dengan nomor rekening account  cheque dibayar dimuka berada di kelompok assets( jika ada)
c. Cheque account for undeposited funds : diisi sesuai dengan nomor rekening account cheque dana tidak disimpan berada dikelompok assets (jika ada)

2. Sales account yaitu :
a. Assets account for tracking receivables : diisi sesuai dengan nomor rekening piutang dagang (kelompok assets)
b. Cheque account for customer receipts : diisi sesuai dengan rekening bank penerima uang/cek dari pelanggan (harus bertype detail cheque account)
c. I charge freight on sales : diisi untuk rekening pendapatan angkut barang (kelompok income) , jika tidak ada kosongkan cek mark
d. I track deposits collected from customers : diisi untuk rekening penerimaan uang muka dari pelanggan (kelompok liability)
e. I give discount for early payment : diisi dengan nomor rekening potongan penjualan
f. I assess charge for late payment : diisi dengan nomor rekening pendapatan denda ( kelompok income)
3. Purchases accounts yaitu
a. Liability account for tracking payables : diisi sesuai dengan nomor rekening hutang dagang (kelompok liability)
b. Cheque account for paying bills : diisi sesuai dengan nomor rekening bank pembayar hutang/cek dari pemasok (harus bertype detail cheque account)
c. I pay freight on purchases : diisi sesuai dengan rekening biaya angkut pembelian (kelompok expense)
d. I take discount for early payment : diisi dengan nomor rekening potongan pembelian
e. I pay charge for late payment : diisi dengan rekening biaya denda terlambat bayar utang(kelompok expense)
4. Payroll account yaitu
a. Payroll cheque account : diisi sesuai dengan nomor rekening account cheque dibayar dimuka berada di kelompok assets( jika ada)
b. Default employer expense account : diisi sesuai dengan nomor rekening gaji pimpinan yang tidak termasuk didalam pembayar cek kepada pegawai(kelompok expense)
c. Default wages expense account : diisi sesuai dengan nomor rekening gaji dan upah (kelompok expense)
d. Default tax/deduction payable account : diisi sesuai dengan nomor rekening pengurangan utang gaji(kelompok liability)

Pajak pertambahan nilai (PPN)
Saat melakukan pembelian/penjualan akan dikenakan PPN, secara otomatis dihitung, maka harus melakukan setup PPn serta tarif pajaknya dan memilih linked account untuk pajak keluaran dan pajak masukan, dilakukan dari menu List, tax codes, dan edit yang perlu serta jangan lupa dibuat linked
a. Linked account for tax collected diisi dengan pajak keluaran (kelompok liability)
b. Linked account for tax paid di isi dengan pajak masukan (kelompok assets)

Setup Preference
Menu ini digunakan untuk fasilitas pilihan dan preferensi, pengaturan, bentuk laporan baik penjualan, pembelian, pemasangan password, auto saving dan beberapa pengaturn lainnya, terdiri dari 7 menu yang dapat digunakan fasilitas setiap menu.


Untuk membuat otomatis keluar dengan Rp (Rupiah) anda lakukan dari Start, control panel,pilih regional dan language, customize pilih Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda pada baca di atas

Popular Posts