SELAMAT DATANG DIWEBBLOG RESMI SMK BUMI SEJAHTERA JADIKAN WEBBLOG INI MENJADI MEDIA INFORMASI ONLINE

Minggu, 13 Februari 2011

KISI-KISI SOAL PRAKTIK PENJUALAN


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UJIAN NASIONAL

KISI-KISI SOAL PRAKTIK KEJURUAN

Satuan Pendidikan
:
Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)
Kompetensi Keahlian
:
Penjualan
Kode
:
6054
Alokasi Waktu
:
18 Jam
Bentuk Soal
:
Penugasan Perorangan

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KEMAMPUAN YANG DIUJI
1
Memberikan tanggapan terhadap keberatan yang muncul dari calon pelanggan
Menanggapi keberatan dengan menunjukkan sikap simpati dan empati
Menangkan target pelanggan dan membesarkan hatinya
Mengatasi keberatan calon pelanggan
berdasarkan jenis dan tingkatannya.
2
Melakukan proses tawar menawar dengan calon pembeli
Menampung setiap keberatan dan disalurkan dalam proses tawar menawar
3
Memotivasi,meyakinkan,dan mendorong calon pelanggan ke arah kesepakatan
Memotivasi calon pelanggan agar meyakini keunggulan produk dan membanding dengan produk pesaing.
Mengemas kelemahan produk sehingga tidak signifikan
Menyususun alternatif solusi terhadap keberatan dan kesulitan yang dihadapi oleh calon pelanggan
Mempertahankan ketertarikan target pelanggan terhadap produk
Mengarahkan target pelanggan untuk melangkah maju ke tahap kesepakatan
4
Menyiapkan formulir atau berkas-berkas adminitrasi
Mempersiapkan daftar formulir atau berkas-berkas administrasi sesuai dengan prosedur perusahaan
Memeriksa kembali kelengkapan formulir atu berkas-berkas administrasi
Mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi diketahui oelh pelanggan’
Menghubungi pihak pihak yang terkait dengan transaksi
5
Menginterprestasikan perencanaan visual penataan produk, memonitor peenataan atau display produk, menjaga display produk agar tetap sesuai  dengan  perusahaan dan perencanaan
Membuat desain penataaan produk
Mengerahkan Sumber daya yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan perencanaan
Mengurangi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan
Mengaplikasikan standar penataan produk perusahaan seuai dengan perencanaan
6
Mempersiapkan dan mengoperasikan alat hitung, mempersiapkan dan mengoperasikan alat ukur, mempersiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi

Menjawab panggilan dari alat komunkasi dengan cepat dan tanggap sesuai dengan prosedur perusahaa
Mencatat informasi dan pemanggil secara akurat dan lengkap
Menyampaikan pesan dari pemanggil yang diterima dan diserahkan kepada orang terkait
Melaporkan kerusakan alat kepada pihak yang berwenang sesuai dengan prosedur yang berlaku
Perhitungan diverifikasikan bahwa telah akuran 100%
Membuka Mesin Pembayaran pada awal hari atau shift
Memasukkan kartu kedalam mesin pembayaran non tunai secara akurat
Menghitung Total harga dan kembaliannya secara akurat
Merawat mesin pembayaran
Mengukur produk yang dibeli dengan menggunakan alat ukur

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda pada baca di atas

Popular Posts